ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 20 Jun 2024

Yang Harus Dilakukan Fresh Graduate Saat Menganggur

Berita Umum | 22 Mei 2022 10:00 wib Setelah lulus kamu tentu ingin segera bekerja bukan? Tapi setelah menyebar lamaran kerja sana-sini belum ada balasan sama sekali.

Nah, sembari menunggu balasan dari lamaran kerja yang telah kamu sebar ada baiknya kamu mengisi kekosongan kamu dengan melakukan beberapa hal berikut : 

1. Belajar skill baru yang banyak di butuhkan perusahaan

Perusahaan dalam memilih karyawan baru tentu akan melihat skill dari para pelamar pekerjaan. Kamu sebagai fresh graduate di tuntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan skill yang kamu miliki ataupun menekuni skill yang banyak di butuhkan oleh perusahaan. Jika kamu mampu menunjukkan kemampuan yang kamu miliki dan hal tersebut selaras dengan kebutuhan perusahaan maka peluang kamu untuk di terima bekerja akan lebih besar.

2. Magang untuk mendapatkan pengalaman
Untuk mengisi waktu kosong kamu bisa mencari tempat magang untuk mengenali lebih dalam terkait dunia kerja. Selain itu, magang juga akan menambah relasi kamu dan tentu membuka peluang untuk kamu di rekrut sebagai karyawan tetap jika kamu memiliki skill yang bisa meyakinkan perusahaan bahwa kamu layak menjadi seorang karyawan.

3. Mengisi CV dengan ikut kursus
Ikut kursus menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengembangkan skill kamu dan tentu akan lebih meyakinkan jika di lampirkan dalam CV. CV yang menarik tidak hanya di lihat dari desainnya yang estetik tapi kualitas isi CV yang kamu tawarkan. 

4. Fokus pada kerjaan impian yang lebih spesifik
HRD akan lebih melirik seseorang dengan seseorang yang tertarik dan mempelajari suatu bidang tertentu. 

Hal tersebut menjadi peluang besar kamu direktur oleh HRD. Jadi sekarang kamu bisa mulai mempelajari dan menekuni satu bidang yang sesuai dengan impian kamu.

5. Mulai menyusun portofolio
Portfolio adalah bukti nyata karyamu untuk meyakinkan HRD pada saat wawancara nanti. Percuma saja kalau bercerita panjang lebar mengenai bidang yang sudah kamu tekuni, namun tidak bisa menunjukkan bukti.

Oleh karena itu, membuat portfolio sangat penting untuk dilakukan. Jika ingin bekerja di perusahaan media, kamu harus sering mengirimkan tulisan dan usahakan lolos terbit.

Beda lagi kalau pengin bekerja di ranah media sosial. Jika ingin menjadi seorang admin media sosial, kamu harus sering mengunggah konten di media sosial pribadimu dengan menambahkan caption menarik. Semua itu dapat kamu jadikan sebagai portfolio, lho!

Jadi, untuk kamu para fresh graduate yang masih mencari kerja, sudah melakukan apa saja? Semoga tulisan di atas dapat sedikit membantumu, ya. Tetap semangat, terus berusaha dan jangan lupa berdoa agar kamu segera mendapatkan karier impian


(Suci)

Dilihat 795 kali
Link