ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Friday, 26 Apr 2024

KONSISTEN IBADAH USAI RAMADHAN

Berita Umum | 05 Mei 2022 21:30 wib Bulan Ramadhan adalah bulan yang di nanti-nanti oleh umat muslim, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Umat muslim berlomba-lomba meraih pahala ibadah sebab kita ketahui bahwa bulan ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan diantaranya dilipatgandakan pahala-pahala ibadah, selain itu bulan ramadhan hanya sekali setahun.

Namun sangat mengecewakan, sebab sebagian umat muslim setelah berlalunya bulan ramadhan maka semangat ibadah mereka terkadang down. Padahal kita bisa meraih pahala di bulan-bulan lainnya.

 

Melansir dari newsdetik.com Ustaz Abdul Somad memberikan cara agar kita tetap istiqamah dalam beribadah usai Ramadhan:

1. Ikuti Sunnah Rasulullah

Kita sebagai umat Rasulullah SAW tentu sangat penting mengikuti sunnah Rasul yang mana adalah panutan suri tauladan kita. Salah satu Sunnah Rasul setelah Ramadhan adalah puasa Syawal. Bahkan ustaz Abdul Somad menyebutkan pahala orang yang berpuasa Syawal.

"Barangsiapa puasa Ramadhan diiringi puasa Syawal maka sama dengan puasa setahun" ucap ustaz Abdul Somad.

2. Sering lihat orang sakit

Terkadang kita lupa untuk selalu bersyukur, nikmat sehat yang diberikan oleh Allah SWT terkadang kita sia-sia kan padahal diluar sana banyak kita lihat mereka yang sakit atau bahkan yang cacat tetap bersyukur kepada Allah SWT dengan cara beribadah."Jadi tolong, tolong, mata jangan lihat keatas, kalau keatas kita tidak akan bersyukur. Tidak akan pernah merasa nikmat hidup ini, selalu kurang. Kalau manusia punya lembah dari emas, dia akan minta lagi, minta lagi." Ucap ustaz usia 43 tahun itu.

3. Sering-sering bertakziah

Setiap yang bernyawa itu pasti mengalami yang namanya kematian, tempat kita kembali hanya kepada Allah SWT. Lantas apa yang pantas kita sombongkan hingga lalai untuk beribadah kepada Allah.

Maka dari itu Ustadz Abdul Somad memberitahu kita untuk sering datang bertakziah agar kita dapat introspeksi diri.

"Sering-sering lihat orang mati, buka penutup mukanya. Sunyi di tengah keramaian, itulah akhir kehidupan. Hidup itu seperti gas, remnya sakit dan mati." Tutur Ustaz Abdul Somad.

Semoga kita termasuk orang-orang yang tetap konsisten atau Istiqomah dalam beribadah meski Ramadhan telah berlalu.

Harap dan semoga ku, kita masih bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun berikutnya.

 

Taqobballahu Minna wa Minkum

(Rahmi)


Dilihat 223 kali
Link