ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Friday, 26 Apr 2024

Sehat dan Produktif Di Bulan Ramadhan

Berita Umum | 17 April 2022 22:30 wib Saat bulan Ramadhan kita sering merasa lemas karena berpuasa. Namun berpuasa harusnya tidak menjadi halangan atau alasan untuk tidak produktif di bulan Ramadhan. Justru di bulan ini kita perlu memperbanyak aktifitas yg lebih produktif terlebih dalam menambah aktivitas ibadah di bulan yang penuh berkah ini dengan mengharap pahala dari Allah sebagai bekal untuk akhirat.

Untuk tetap produktif dan bugar maka ada beberapa tips yang sangat cocok di jalankan di bulan Ramadhan, yaitu :

1. Buat jadwal harian

Dengan mengatur kegiatan yang akan di lakukan esok hari akan membuat kamu lebih teratur dalam menjalankan aktivitas dan tentunya lebih produktif lagi dan terarah. Jadwal yang teratur juga membantu kamu untuk melihat waktu-waktu kosong yang bisa di isi dengan kegiatan produktif lainnya.

2. Sesuaikan jam tidur

Tetap produktif bukan berarti tidak memiliki jam tidur malah sebaliknya jam tidur harus di atur dan sesuai dengan kebutuhan tdur -+ 8 jam dalam sehari kalau jam tidur lebih itu akan membuat tubuh kembali lelah begitupun dengan jam tidur yang tidak cukup akan membuat kamu mudah mengantuk dan malas berkegiatan.

3. Makan makanan yang sehat

Makanan sehat tidak harus mahal loh. Makanan sehat itu yang harus terpenuhi adalah 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Hindari makanan cepat saji seperti mie instan ataupun junk food yang dapat meningkatkan kolesterol.

4. Istrahat

Istrahat disini maksudnya bukan tidur yah, istrahat dalam hal ini tidak terus menerus bekerja. Produktif bukan berarti setiap saat punya kegiatan tapi kamu juga harus pandai mengatur waktu istirahat saat merasa lelah. Setelah istirahat sejenak baru deh kegiatan dapat di lanjutkan.

5. Tetap terhidrasi

Di bulan Ramadhan di siang hari tidak boleh minum jadi untuk tetap terhidrasi sepanjang hari kamu bisa memenuhi kebutuhan air minum saat berbuka sampai waktu sahur. Salah satu cara yang paling baik dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi cairan saat sahur dan berbuka puasa.

Disarankan mengonsumsi 2 liter air per harinya untuk orang dewasa agar tubuhnya tetap terhindar dari dehidrasi.

6. Kontrol keinginan

Beberapa orang cenderung merasa ingin makan semuanya sebelum berpuasa keesokan harinya.

Ini tentu sangat salah, jangan mendorong perut kamu melebihi batasnya. Ini akan menyebabkan masalah pencernaan dan Anda bahkan mungkin merasa mual, yang akan mempengaruhi kinerja kerja kamu keesokan harinya.


Sebaliknya, makan makanan sehat, makan perlahan, dan berikan perut kamu waktu untuk memproses makanan yang ada di dalamnya.


Semoga Bermanfaat.

(Suci)

Dilihat 240 kali
Link