ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 20 Jun 2024

Know Yourself

Berita Umum | 26 Maret 2022 06:30 wib Mengenali diri sendiri, sepenting apa sih? Jadi, mengenali diri sendiri sangat penting untuk mengembangkan potensi yang kita miliki.

Potensi adalah sebuah kemampuan yang dimiliki masing-masing orang dan cara mengembangkan potensi tersebut berbeda-beda, jadi kamu harus mengenali dirimu sendiri dan mengenal serta mengembangkan potensi yang ada dalam dirimu.

Kaitannya dengan dunia kerja tentu sangat banyak. Saat kamu sudah mengenali potensi diri kamu, maka sangat mudah untuk mengembangkannya dan menetukan tujuan yang akan kamu capai di masa akan datang. Selain itu, menekuni potensi diri juga sangat membantu kamu dalam kelancaran semua aktivitas dan bisa lebih produktif tentunya. Lalu apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengenali diri sendiri?

1.       Cari tahu kepandaian kamu

Mencari tahu kepandaian diri membantu untuk mencari tahu potensi apa yang kamu miliki. Kadang kala kepandaian kita tidak sejalan dengan hal yang kita sukai, maka kamu harus mencari solusi untuk mengetahui apa yang menjadi latar belakang kamu tidak menyukainya.

2.       Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri kamu bisa membuat daftarnya. Hal tersebut akan lebih memudahkan kamu untuk menggali kelebihan-kelebihan yang kamu miliki. Kalau kamu masih bingung menentukan kelebihan dan kekuranganmu, kamu bisa bertanya ke orang terdekat.

3.       Berani menghadapi kegagalan

Sesorang tidak di katakan sukses saat tidak pernah gagal, justru yang pernah gagal namun kembali bangkit dan lebih semangat meraih kesuksesan itulah sukses yang sejati. Kenapa? Karena dia sudah merasakan fase kegagalan namun tetap bisa bangkit. Jadi, kamu harus berani menghadapi semua kegagalan yang akan kamu temui kedepannya.

4.       Coba hal-hal baru

Saat kamu tidak menemukan kenyamanan dalam menekuni sesuatu maka kamu harus mencoba hal baru untuk menemukan potensi diri. Bisa jadi dari hal baru yang kamu coba bisa membuat diri kamu lebih berkembang dan tentunya merasa nyaman dalam menjalankannya.

5.       Jangan takut berbeda

Kadang kamu merasa tidak percaya diri saat melakukan hal yang berbeda dengan teman yang lain. Maka kamu harus membangun mental yang kuat, bisa saja hal yang berbeda memang menjadi potensi diri yang kamu miliki. Selama hal tersebut adalah hal positif.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengenal diri sendiri.


Semoga bermanfaat !!!


(Suci)

Dilihat 198 kali
Link