ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 20 Jun 2024

Growth dan Fixed Mindset, Kamu yang mana?

Berita Umum | 24 Maret 2022 20:00 wib Mindset merupakan cara berpikir yang akan mempengaruhi sikap seseorang dalam mengambil sebuah tindakan. Mindset yang dibentuk oleh prasangka, pengalaman dan tentunya pendidikan akan berdampak bagi kehidupan seseorang baik positif ataupun negatif.

Lebih jelasnya, mindset dibagi kedalam dua hal yaitu fixed mindset dan growth mindset, berikut penjelasannya 


Fixed mindset
Mempercayai bahwa bakat dan kecerdasan sifatnya tetap, artinya fixed mindset mempercayai kecerdasan dan bakat alami untuk masa depan. Orang-orang yang tergolong fixed mindset memiliki pemikiran yang cenderung menghindari tantangan hidup. Mereka mudah menyerah, merasa terancam, dan mengalami intimidasi jika melihat keberhasilan orang lain. 

Beberapa contoh fixed mindset diantaranya, merasa terancam jika melihat orang lain sukses, mempercayai bahwa usaha keras tidak ada artinya, umpan balik dianggap sebagai kritikan pribadi, menghindari tantangan dan kegagalan. 

Growth mindset
Berbeda dari fixed mindset pemikiran ini melihat bakat dan kecerdasan dapat berkembang dari waktu ke waktu. Pembelajaran, ketahanan, motivasi dan kinerja sangat membutuhkan pemikiran ini. 

Contoh pemikiran growth mindset diantaranya semangat belajar, mempercayai kegagalan bukanlah akhir, bersedia menerima tantangan, kesuksesan orang lain akan jadi sumber inspirasi dan percaya diri. 

Nah itulah tadi penjelasan tentang fixed dan growth mindset, dari dua mindset diatas kamu masuk kategori mindset yang mana? 

Semoga bermanfaat


(Ardi)

Dilihat 213 kali
Link