ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 20 Jun 2024

KEBIASAAN YANG BISA MENGHAMBAT KESUKSESAN DI DUNIA KERJA, MAHASISWA HARUS TAHU!

Berita Umum | 20 Maret 2022 22:30 wib Kehidupan di bangku kuliah merupakan salah satu masa yang berperan penting untuk menyiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Di bangku kuliah kita tidak hanya belajar mengenai akademik saja yang berbicara mengenai teori, namun kita sebagai mahasiswa tentu harus memanfaatkan waktu untuk mencari pengetahuan dan pengalaman baru untuk bisa menyesuaikan diri pada dunia kerja yang menanti kita dimasa depan.

Jika dari sekarang mahasiswa tidak menyiapkan atau membiasakan melatih diri, maka besar kemungkinan mahasiswa tersebut akan memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bisa dikatakan tidak baik dan hal tersebut bisa menghambat kesuksesan.


Adapun kebiasaan yang bisa menghambat kesuksesan di dunia kerja, yaitu:

1. MAGER ( Malas Gerak )

Kebiasaan atau rasa malas seringkali dianggap sepele, namun tanpa kita sadari berlarut-larut dengan rasa malas akan mempengaruhi aktivitas kita yang kurang baik dan tentunya kita tidak akan produktif lagi. Padahal dalam dunia kerja tentu kita selalu dituntut untuk selalu produktif, disiplin dalam segala aspek dan tidak malas.
Untuk itu, perlu mahasiswa ingat untuk bisa melawan rasa malas. Selalu melakukan aktivitas positif, seperti ikut organisasi atau seminar keilmuan untuk menambah wawasan. 

2. Banyak alasan

Dalam dunia kerja nantinya tentu kita di tuntut untuk selalu bekerja keras, menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa banyak alasan karena dihari esok tentu akan ada tugas baru. Jika kita terus beralasan untuk menunda pekerjaan maka akan menumpuk. Menyadari hal tersebut maka mahasiswa dari sekarang harus menyadari tanggung jawabnya tanpa banyak alasan.
Misalnya, tidak harus menunggu waktu pengumpulan tugas untuk mengerjakan tugas atau tidak harus menjadi orang kaya untuk bisa memberI.

3. Asal bergaul

Di bangku kuliah kita menumukan berbagi macam karakter manusia dan tentu kita bisa berteman pada siapa saja. Meski demikian mahasiswa yang berfikir panjang mengenai masa depan tentu harus selektif dalam berteman yang mampu membawa pengaruh positif dan saling mendukung. 
Memilih teman, baik atau buruk akan menentukan lingkungan pergaulanmu yang nantinya akan menjadi jawaban dimasa depan.

4. Mudah meratapi kegagalan

Kebiasaan ini akan mempengaruhi mental kita, maka sejak dini cobalah untuk ubah pola pikir kita bahwa kegagalan adalah pembelajaran yang memotivasi kita untuk selalu berusaha mencoba lagi dan lagi hingga mencapai kesuksesan, namun perlu di ingat kamu boleh gagal berkali-kali tapi bukan dengan kegagalan yang sama.
Dengan pola pikir tersebut, tentu saat memasuki dunia kerja tidak lagi meratapi kegagalan karena kegagalan itu pasti akan kita temui.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa menghambat kesuksesan di dunia kerja, bagaimana? Masih maukah kalian memiliki kebiasaan tersebut, semoga saja tidak. Yuk tinggalkan!


(ammi)

Dilihat 162 kali
Link