ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 20 Jun 2024

Fresh Graduate Starterpack

Berita Umum | 25 Maret 2022 07:00 wib Sejauh mana kesiapan kamu? Kamu pengen cepet-cepet berkarier , tapi bingung mulai dari mana? Atau pengen kirim lamaran keperusahaan, tapi gak tau apa aja yang harus ditulis dan dikirim?

1. Growth mindset

Seseorang yang memiliki growth mindset atau pola pikir berkembang cenderung ingin mendapatkan proses belajar yang bermakna dan memiliki pengaruh dalam hidupnya. Mereka tidak hanya ingin terlihat pintar atau terlihat menguasai suatu permasalahan. Pemilik growth mindset sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan bukan sebagai akhir, melainkan sebagai tangga untuk melangkah ke tahap berikutnya.

2. Self knowladge (Pengetahuan mengenali diri sendiri)
Seorang konselor mengetahui tentang dirinya sendiri, apa yang sedang dilakukan, permasalahan yang sedang dihadapi, dan persoalan apa yang sedang dihadapi klien. Self-knowledge menjadi salah satu hal yang penting, karena: Seorang konselor yang mengetahui persepsi dirinya dengan baik cenderung mengetahui persepsi orang yang sedang dibimbing. Ketidaktahuan akan persepsi diri akan berakibat pada keseluruhan persepsi konseling.

3. Pengetahuan umum seputaran karir
Karir merupakan cita-cita, ambisi, dan tujuan hidup jangka panjang yang dimiliki seseorang dengan menekuni suatu bidang. Karir menjadi keseluruhan proses dalam hidup, sementara pekerjaan hanya menjadi salah satu proses aja.
Beberapa langkah perancangan karir yang terdiri dari beberapa tahap, antara lain:
a. Menilai Potensi Diri Sendiri
b. Menentukan Tujuan Karir Serta Visi dan Misinya
c Membangun Perencanaan Career Path
d Selalu Ketahui Informasi Perkembangan Peluang Karir di Masa Kini 
e. Eksekusi Sambil Terus Mengevaluasi Diri

4. CV dan linked in ter-update
LinkedIn adalah sebuah situs jejaring sosial yang dirancang khusus untuk kepentingan bisnis dan karier profesional.
Sedangkan CV berfungsi untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa Anda mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. CV ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

5. Cover letter dan resume
Cover letter ternyata penting dan dapat membantu untuk lebih dilirik, seperti:
* Dapat menceritakan diri
* Menonjolkan prestasi yang sudah diraih
* Memberi kesan pertama bagi perusahaan
* Menjelaskan keterampilan dan pengalaman dengan lebih baik
* kepribadian
* Antusiasme
Dilihat 162 kali
Link