ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Friday, 26 Apr 2024

Susah Dapat Pekerjaan, Kesalahan Fresh Graduate yang Wajib Mahasiswa Tahu

Berita Umum | 17 Maret 2022 20:00 wib Menyandang gelar adalah suatu hal yang sangat didambakan oleh Mahasiswa. Gelar baru yang disandang atau biasa dikenal dengan fresh graduate tentu bukanlah akhir dari perjuangan sebelumnya. Namun, dibalik hal itu dunia luar menanti dengan tantangan yang lebih keras.

Kegagalan atau lamanya fresh graduate mendapatkan pekerjaan adalah salah satu alasan kenapa tantangan setelah lulus dibangku kuliah lebih berat. Lantas, apa saja yang menjadi kendala bagi fresh graduate, dilansir dari situs yoursay.id setidaknya ada 4 hal yang membuat fresh graduate lambat atau bahkan gagal setelah menyelesaikan perkuliahannya:

Tidak mengenal dirinya sendiri. 

Dalam hal ini, mereka tidak mengetahui kelebihan dan kelemahan yang melekat pada dirinya sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui hal tersebut untuk menyakinkan kita didunia kerja.

Tidak memiliki Pengalaman

4 tahun berkuliah atau bahkan lebih harusnya dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan dirinya. Kembangkan dirinya dengan mengikuti berbagai aktivitas-aktivitas baik itu organisasi, magang dsbgnya.

Terlalu idealis. 

Banyak fresh graduate yang memiliki ekspektasi tinggi namun tanpa diiringi skill yang mempuni. Oleh karena itu, pentingnya mengenal diri sendiri, memperbanyak skill dan tentunya penetapan penilaian harus realistis.

Berharap berlebihan. 

Dalam kasus ini fresh graduate terlalu berharap pada perusahaan impiannya yang membuat mereka menutup mata pada tawaran lain yang ada.

Nah, itulah tadi 4 kesalahan yang dibuat oleh fresh graduate. Semoga teman-teman mahasiswa lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja yang keras.


Semoga bermanfaat.


(Ardi)

Dilihat 142 kali
Link