ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Sunday, 28 Apr 2024

Untukmu Mahasiswa Akhir, Sudah Siapkah Menghadapi Dunia Kerja?

Berita Umum | 23 Februari 2022 00:00 wib Dunia kerja merupakan tempat untuk melakukan sebuah aktivitas atau pekerjaan sesuai bidang yang digeluti. Dunia kerja tentu menjadi dambaan bagi mereka yang masuk dalam kategori angkatan kerja. Namun, tentu dalam memasuki dunia kerja mereka yang tergolong angkatan kerja dihadapkan pada berbagai tantangan, diantaranya persiapan terkait hard maupun soft skill para pencari kerja.


Sejalan dengan hal tersebut, masalah serupa juga dihadapi oleh mereka (fresh graduate) untuk masuk dalam dunia kerja. Ada Beberapa tantangan yang dihadapi oleh fresh graduate dalam dunia kerja (Maria Lusyana Br Ginting) dan persiapan yang diperlukan diantaranya:



1. Persaingan yang semakin ketat; hal ini, didukung oleh data BPS   dimana pengangguran terbuka meningkat sebesar    1,84% dibanding tahun 2019 yaitu sebesar 7,07% pada Agustus 2020. Hal ini tentu membuat persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Keadaan ini diperparah dengan banyaknya kasus PHK yang terjadi di tengah pandemi covid-19. Persaingan dunia kerja yang sangat ketat, mengharuskan mahasiswa mempersiapkan keahlian yang sekiranya akan membantu dalam memasuki dunia kerja. Keahlian tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan bidang yang nantinya akan digeluti atau sesuai dengan jurusannya.

2. Perubahan kondisi kerja; perubahan ini terjadi pada sektor informal yang semakin mendominasi dan digital ekonomi. perubahan ini tidak didukung oleh mayoritas fresh graduate yang tidak memiliki keterampilan yang menjadi persyaratan masuk dalam sebuah perusahaan. Dominasi digitalisasi di era sekarang ini seharusnya menjadi sebuah ajang untuk menambah skill di bidang digitalisasi atau sejenisnya. Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir semua pekerjaan sangat memerlukan bantuan teknologi dalam hal pengembangan.

3. Adaptasi diera pandemi covid 19; dalam hal ini freshgraduate yang tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi akan menghambat dalam mendapatkan kesempatan masuk dalam dunia kerja. Hendaknya, di era pandemi seperti saat ini mengharuskan para fresh graduate untuk membaca situasi dan menciptakan peluang dari situasi tersebut.


Beberapa hal diatas, mengisyaratkan kepada mahasiswa terkhusus mahasiswa akhir agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi dunia kerja. Maka dari itu sebelum menyelesaikan kuliah, mahasiswa diharapkan untuk memaksimalkan waktu kuliahnya tidak hanya sebatas di dalam kelas belajar namun lebih dari itu. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan masa perkuliahan:

1. Turut aktif dalam dunia organisasi kampus
Aktif dalam organisasi kampus tentu akan menambah ilmu yang tidak didapatkan di dalam kelas perkuliahan, pengalaman dan tentunya relasi.

2. Mengikuti seminar atau workshop
Selain aktif diorganisasi, hal lain yang dapat dilakukan yaitu mengikuti seminar atau workshop yang sesuai dengan jurusan atau bahkan pembahasan lain yang bisa jadi akan menunjang pengembangan diri dalam mempersiapkan diri diluar dunia kampus nantinya.

3. Mengikuti kursus atau kelas tambahan
Kursus atau kelas tambahan dapat diambil untuk memaksimalkan waktu diluar kelas, misalnya kursus bahasa asing, digital marketing, kelas sertifikasi atau terkait informasi teknologi dan sebagainya.

4. Mempelajari hal-hal baru
Tentu kita tidak boleh menutup diri untuk mempelajari hal-hal baru, yang bisa jadi akan menjadi keterampilan atau keahlian untuk menunjang di dunia kerja nantinya.

5. Mengikuti program magang
Walaupun program magang ada yang sudah diatur oleh kampus, namun opsi magang selain yang diatur oleh kurikulum kampus sangat banyak bertebaran, terlebih diera pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu, tugas kita adalah memaksimalkan kesempatan tersebut.

6. Mengikuti kegiatan pengembangan diri dan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang di dunia kerja nantinya.


Diharapkan dengan beberapa tips diatas dapat membantu mahasiswa untuk siap bersaing didunia kerja nantinya. Terlepas dari itu, tentu sangat diperlukan dukungan dari dunia kampus yang dapat membuat wadah dalam meningkatkan skill mahasiswa untuk menyongsong dunia kerja. 

Untukmu mahasiswa akhir sejauh mana persiapanmu? Maksimalkan masaperkuliahannya, dan siapkan diri untuk bersaing didunia kerja.


Semoga bermanfaat

Dilihat 179 kali
Link