ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Sunday, 28 Apr 2024

Mental Yang Perlu Anda Hindari

Berita Umum | 22 Februari 2022 22:58 wib Kesehatan mental atau kesehatan jiwa adalah tingkatan kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan jiwa, peristiwa dalam kehidupan seseorang bisa mempengaruhi kepribadian dan kesehatan mental biasanya gangguan penyakit mental akan muncul apabila kesehatan mental terganggu,berikut penjelasannya .. .

Berikut ini adalah beberapa mental yang harus anda hindari :


Ingin serba instan alias gak mau susah
Banyak anak muda jaman sekarang yang ingin sukses tanpa melakukan proses yang panjang maunya serba cepat, padahal untuk mencapai suatu kesuksesan tuh gak semudah yang dibayangkan tapi harus ada effort yang lebih besar. Maka dari itu kita sebagau generasi muda harus melakukan upaya yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan.

Nyinyir dan iri kalau orang lain sukses
Tanda² orang yang iri dengki ialah sulit merasa tenang, selalu merasa kurang dan mudah marah. Hal ini sangat fatal dalam dunia kerja, secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap kinerja seseorang begitu juga dengan nyinyir ketika melihat orang lain sukses.

Sering mengulang kesalahan yang sama

Terkadang saat seseorang sudah merasa lebih baik dari sebelumnya, ia kerap terjerat lagi sehingga melakukan kesalahan yang sama seperti di masa lalu. Maka dari itu sangat perlu kita mengantisipasi kesalahan yang sama dengan cara menjauhkan diri dari kegiatan yang bisa menjerumuskanmu ke kesalahan yang sama, Menghindari lingkungan dan pertemanan yang toxic, dan selalu mengevaluasi diri setiap saat.

Gak ada niatan untuk berubah
Biasanya seseorang tidak berniat untuk berubah itu karena mereka sudah nyaman di zonanya. Namun ini dapat berpengaruh pada masa depannya, karena niat adalah langkah awal untuk mewujudkan capaian keinginan dan cita². Faktor lain bisa jadi karena tidak ada dorongan atau sosok figur yang dapat diteladani. Maka dari itu mulailah dari niat untuk membangun masa depan yang lebih baik

Nggak mau mengakui kesalahan. 

Nggak mau mengakui kesalahan dapat menyebabkan relasi semakin renggang, selain itu juga membuat anda sulit mencapai kesuksesan. Empati yang diberikan oleh orang lain juga pasti akan menurun. Salah satu dampaknya juga sering terkena stres

Takut Sendirian

Mental takut sendirian biasanya di sebabkan oleh trauma masa lalu atau pengalaman negatif yang dialami saat sendirian. Nah, teman-teman bisa melawan sedikit demi sedikit mental ini dengan menghilangkan penyebab kecemasan saat sendirian seperti menghubungi teman atau kerabat saat sendiri, menyalakan lampu jika takut gelap, atau mengajak teman maupun sahabat belajar bersama di rumah.

Sering Mengasihani Diri Sendiri

Mental sering mengasihani diri sendiri akan membuat kamu selalu merasa kurang, perasaan iri terhadap pencapaian orang lain, merasa tidak bahagia atau merasa hidup paling susah, kesehatan mental terganggu, dan bahkan bisa mempengaruhi kesehatan fisik. Teman-teman hanya perlu meningkatkan rasa syukur akan setiap nikmat yang telah di berikan Allah SWT kepada kita. Salah satunya masih di beri kesempatan untuk bernafas, bukankah nyawa tidak bisa di beli dengan uang sebanyak apapun? Jadi mari selalu berfikiran positif dan berhenti merasa iri terhadap keberhasilan orang lain dan mulailah untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Baperan, Gampang Ngambek

Mental baperan dan gampang ngambek  banyak di jumpai di teman sekitar kita atau bahkan diri kita sendiri. Mental seperti ini akan mempersulit teman-teman dalam menjalankan pekerjaan team work. Jadi, mari mulai bersikap profesional dan tidak mencampurkan perasaan dengan pekerjaan utamanya.

Gampang Terpengaruh Orang Lain

Terpengaruh boleh, tapi harus pengaruh yang baik tentunya. Terpengaruh dengan pergaulan atau terpengaruh mengikuti trend-trend masa kini merupakan salah satu pengaruh yang buruk dan banyak di alami oleh generasi milenial. Menjaga pola pertemanan serta mengedepankan kebutuhan yang lebih penting bisa menjadi solusi untuk menghindari pengaruh buruk di masa sekarang.


Dilihat 133 kali
Link