ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Sunday, 28 Apr 2024

5 Jurusan Perkuliahan Dalam Dunia Pekerjaan, Tidak Tergantikan Robot!

Berita Umum | 21 Februari 2022 09:42 wib Sudah memilih jurusan kuliah? Jurusan yang kita pilih terkadang sesuai dengan apa yang kita minati. Namun, teman-teman harus memikirkan jurusan yang sesuai untuk masa depan agar tidak menjadi sia-sia. Sudah kuliah cape-cape tapi ujung-ujungnya nggak dapat pekejaan, kan rugi


Palopo - Untuk mahasiswa baru harus memikirkan hal tersebut karena beberapa researce and consulting institute telah mengeluakan perikraan sejumlah pekerjaan hilang disebabkan hadirnya robot atau kecerdasan buatan, baik di Indonesia maupun global. Beberapa profesi pekerjaan yang telah digantikan robot seperti pekerjaan pabrik, akuntan, administrasi dan sebaganya.

Laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF), menjelaskan secara otomatis dapat melengserkan 85 juta pekerjaan dalam waktu lima tahun kedepan. Kemudian pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dapat mempercepat perpindahan ke tenaga kerja robot.

Meski adanya kecerdasan buatan tersebut, teman-teman tidak usah takut karena ada beberapa jurusan perkuliahan yang dalam dunia pekerjaan nanti tidak digantikan oleh robot.



5 Jurusan Perkuliahan yang Tidak Dapat Digantikan Robot

  • Ilmu komunikasi
Meski robot memili IQ yang tinggi namun tetap saja tidak memiliki perasaan sehingga apa yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik, misalnya pada komunikasi pemasaran robot tidak tau apa yang di inginkan oleh pelanggan 
  • Manajemen
Pada saat teknologi mengambil alih seluruh bidang pekerjaan, maka akan dibutuhkan sumber daya untuk mengelolah dan mengatur teknolgi tersebut dan itu membutuhkan ilmu manajemen yang hanya manusia yang dapat melakukannya.
  • Kedokteran
Hal ini tentu jelas hanya manusia yang bisa melakukannya karena berhubungan langsung dengan manusia, meski robot bisa mengukur tekanan darah dan lain sebagainya tapi robot tidak bisa merasakan sakit dan masih banyak lagi perkiraan medis yang tidak bisa dilakukan robot
  • Hukum
Dalam bidang hukum robot tidak bisa mengamil alih karena hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki pertimbangan yang bermoral dan adil.
  • Psikolog
Robot tidak memiliki perasaan sedangkan bidang psikolog berhubungan dengan kecerdasan emosional dan empati. 


Bagi para siswa dan mahasiswa, kalian bisa mempelajari keahlian yang dibutuhkan untuk sederet profesi yang tidak dapat digantikan oleh robot sebelum berkarir di masa depan. Semoga Berhasil!

Dilihat 156 kali
Link