ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Saturday, 20 Apr 2024

LIMA CARA MELATIH PUBLIC SPEAKING

Berita Umum | 29 April 2022 20:30 wib Tak pernah terpungkiri public speaking akan selalu hadir dalam suasana hidup kita, baik itu di masa sekolah, kuliah, bahkan ketika memasuki dunia kerja. Apa sih public speaking itu?
Public speaking adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyampaikan atau mempresentasikan suatu topik di depan umum. Seseorang bisa mengantarkan informasi secara jelas di hadapan audiens dengan menguasai dan menerapkan teknik berbicara yang tepat.


Ini dia ke lima tips dalam public spraking:

1. Pahami basicnya
Awali langkahmu dengan memahami terlebih dahulu basic dari public speaking seperti Nada & Intonasi, Gesture, Story Telling dan sebagainya.

2. Understand it, not Memorize it
Langkah kedua ialah mencoba memahami materi yang akan di presentasikan sebaik mungkin dan jangan menggunakan metode menghafal. 

3. Metode Berlatih
Langkah ketiga ialah berlatih, ada banyak metode pelatihan public speaking yang bisa digunakan seperti berlatih di depan cermin, merekam video atau bisa juga latihan di depan orang terdekat.

4. Know the Audience
Langkah keempat yaitu coba untuk sampaikan materi yang sama kepada anak kecil, remaja dan orang dewasa, ini akan melatih tata bahasa kamu supaya lebih fleksibel dan mudah dimengerti oleh semua kalangan.

5. Fake it Until You Make it
Langkah terakhir ialah, mencoba untuk bayangkan bahwa diri kamu adalah speaker terkenal dan hebat yang akan menyampaikan sesuatu yang hebat juga, karena rasa percaya diri dan pikiran kita sendiri sangat berdampak saat kita melakukan public speaking.

Tentunya semua itu gak akan berguna tanpa diiringi oleh latihan yabg konsisten dan selalu mengevaluasi setiap progress. Perlu diingat bahwa Nerveous adalah hal yang wajar saat kita belum terbiasa, jadi jangan takut untuk mencoba dan mulai membiasakan.

Public speaking itu sangat penting dalam menunjang karier kamu di masa depan!

Semoga bermanfaat

(Anisa)

Dilihat 196 kali
Link