ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Friday, 29 Mar 2024

Produktif di bulan Ramadhan

Berita Umum | 07 April 2022 09:30 wib Pemerintah telah menetapkan awal Ramadhan pada Ahad, 3 April 2022. Tentu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Namun, tak banyak orang yang menghabiskan waktunya dibulan Ramadhan ini hanya bersantai dengan alasan sedang melaksanakan ibadah puasa, padahal bulan puasa harusnya menjadi momentum untuk meningkatkan produktivitas tak lain karena ganjaran pahala yang akan didapatkan.

Nah, untuk tetap produktif, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

Pertama, evaluasi target dalam pelaksanaan bulan Ramadhan sebelumnya. Tak jarang ada beberapa target pada bulan Ramadhan yang tidak kesampaian, hal ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih baik dibulan Ramadhan ini. Diantara target yang dapat diingat adalah target membaca Al-Qur'an, hafalan, shalat tarawih maupun pekerjaan lainnya.

Kedua, perencanaan target setelah evaluasi kegiatan pada Ramadhan sebelumnya. Perencanaan akan mengantarkan pada titik pencapaian target dalam hal menentukan tahapan dan hal yang ingin dicapai di bulan yang penuh berkah ini.

Ketiga, menetapkan strategi dalam menjalankan perencanaan. Setelah melakukan evaluasi dan membangun perencanaan yang menjadi target yang akan dicapai penting untuk menentukan strategi yang akan mendukung tercapainya target yang telah ditetapkan. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan keluarga maupun sahabat untuk saling mendukung.

Terakhir, mempersiapkan alat yang dapat menunjang kegiatan diantaranya membuat list target baik harian atau sebulan penuh Ramadhan.

Jangan lupa untuk sesuaikan waktu tidur,  Istirahat yang cukup, olahraga ringan dan maksimalkan ibadah yang tentunya akan menenangkan hati dan pikiran Anda.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat dilakukan untuk tetap produktif dibulan yang berkah ini. Ingat, puasa bukan penghambat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif, sebaliknya jadikan momentum Ramadhan kali ini untuk meningkatkan amal Ibadah tentunya dengan kegiatan yang Produktif di bulan Ramadhan ini.


Semoga bermanfaat

(Ardi)


Dilihat 145 kali
Link