5 CARA MENGATASI STRES KERJA
Berita Umum | 16 Maret 2022 22:00 wib Selama kita masih hidup maka masalah akan selalu ada difase kehidupan kita. Setelah SD ada SMP, kemudian lanjut SMA, setelah itu memasuki bangku kuliah. Lalu setalah lulus bangku kuliah dan menjadi serjana maka masalah selanjutnya yang akan kita pikirkan adalah mencari pekerjaan.
Lantas setelah mendapatkan pekerjaan apa masalahnya akan berakhir? Tentu tidak, bahkan ada karyawan yang memutuskan mundur dari peruahaan dikarenakan stress kerja akibat beban kerja yang semakin menupuk, interval waktu pengumpulan pengerjaan yang berdekatan, bahkan job yang memusingkan pikiran.
Namun janganlah putus asa, sebab banyak orang diluar sana yang
menginginkan posisi pekerjaan anda saat ini.
Berikut cara mengatasi stress kerja:
Manajemen waktu
Salah satu alasan karyawan mengalami stress kerja dikarenakan tugas
yang menumpuk sehingga menjadi beban pikiran apalagi sudah mendakati tenggat
waktu pengumpulan. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi maka penting
untuk mengatur waktu, hal apa saja yang perlu dikerjakan hari ini, besok
ataupun lusa.
Jangan malu bertanya
Terkadang karyawan pusing sendiri karena tidak mengetahui apa yang
harus dikerjakan atau anda tidak mengerti apa yang diinginkan oleh atasan anda.
Maka dari itu penting bagi karyawan untuk bertanya agar apa yang dikerjakan
memang sesuai dengan keinginan atasan untuk mencapai tujuan perusahaan, selain
itu anda tidak lagi pusing menerka-nerka apakah pekerjaan yang saya lakukan
sudah sesuai atau tidak.
Jauhi konflik di kantor
Konflik bisa terjadi dimana saja, salah satunya di kantor tempat
anda bekerja. Untuk itu usahakan menghindari hal tersebut, seperti menceritakan
kejelekan teman kantor (gosip) atau melakukan pertikaian sesama teman kantor
(pebliyan) sebab jika hal tersebut tejadi tentu menjadi masalah bagi kesehatn
fisik maupun mental.
Jangan lakukan banyak hal bersamaan
Melalukan banyak pekerjaan secara bersamaan memang akan memakan
waktu yang lebih sedikit, namun anda akan pusing sendiri karena hasil kerja
tersbut tentu tidak akan sesempurnah jika dilakukan dengan focus pada satu
pekerjaan. Lakukanlah pekerjaan dengan tidak tergesa-gesa, terkesan santai
namun tekun agar anda merasa nyaman saat kerja.
Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman
Sudah pusing mengerjakan tugas ditambah lingkungan dan suasana
kerja yang tidak nyaman, lengkaplah penderitaan anda yang menimbulkan stress
kerja. Maka usahakanlah sebelum bekerja memastikan suasana terasa nyaman,
misalnya ruangan kerja panas atau tidak. Kemudian lingkungan kerja yang nyaman,
misalnya anda tidak menyukai lingkungan yang berisik.
Itulah 5 cara mengatasi stress kerja. Selamat mecoba dan semoga
bermanfaat
Mencegah lebih baik daripada mengobati!
(ammi)