ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Saturday, 20 Apr 2024

KENALI DIRI MELALUI DIRI KAMU SENDIRI!

Berita Umum | 14 Maret 2022 22:30 wib Seberapa kenal dan dekat kamu dengan diri kamu sendiri? kapan terakhir kamu berdialog, mengevaluasi dan mencerna diri kamu? hmm. sudah lama? atau tidak sama sekali?


Arunika CDC IAIN Palopo - Jumlah Penduduk Indonesia Capai 273 Juta Jiwa pada Akhir 2021 dan memiliki lulusan perguruan tinggi yang membludak. Namun, justru banyaknya mahasiswa Strata Satu (S1) yang belum memiliki pekerjaan, salah satu dari penyebabnya adalah ketidaktahuan akan dirinya, potensi, dan skill. Nah, untuk itu coba mulai tanyakan pada diri kamu sendiri. Apa-apa sih pertanyaan yang wajib kamu jawab?

Sebenarnya aku ini siapa sih?

Cara mengenali diri pertama, coba evaluasi diri sendiri lewat orang lain. Kedua, Kenali sisi kamu yang paling emosional, suka merasa sedih, malu, gugup dsb. Ketiga, baca buku-buku yang inspiratif. Ke empat, Minta feedback dari orang lain. Kelima, Belajar skill baru.

Apa sih yang aku inginkan dalam hidup?

Untuk mencapai sesuatu dalam hidup, kamu perlu mengetahui apa keinginan kamu dalam hidup. Tidak hanya sekedar jalan mengikuti arus perkembangan zaman tapi kamu juga harus tau dan memiliki goals.

Tujuan hidup aku apa ya?

Pada dasarnya tujuan hidup manusia selain menunaikan penghambaan dan penghambaan kepada Allah Ta'ala juga sebagai khalifah (pemimpin). Untuk mencapai keduanya kamu harus melakukan hal-hal yang bermanfaat, tidak hanya sekedar hidup tapi hidup kamu harus sudah terencana, memiliki pleaning yang jelas untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Aku ini orangnya gimana sih?

Perlu kamu ketehui bahwa karakter setiap orang yang terbentuk dalam dirinya sudah tentu berbeda. Untuk lebih mengenal diri sendiri kamu harus tau karakter kamu itu seperti apa dalam kondisi baik maupun buruk.

Kelebihan aku apa aja ya?

Beberapa contoh kelebihan dalam diri sendiri, yaitu: Tidak ikut campur urusan orang lain, Sederhana dalam berpenampilpilan, Menjadi pendengar yang baik bagi orang lain, Jujur, Pemberani, Suka membantu, Perhatian kepada sesama, Toleransi dan mudah menerima perbedaan, Percaya diri, Kreatif, Sopan, Rajin dll. Itu semua termasuk kelebihan loh. Kamu bisa mulai kenali diri kamu dari hal-hal kecil.

Mengenali diri sendiri tidaklah mudah, ketimbang mengenali diri orang lain. Untuk dapat menyikapi hidup dan segala tuntutannya kamu harus tau diri kamu itu seperti apa, agar hidup kamu bisa terarah, mengejar karier dan mendapat pekerjaan yang kamu senangi.

Enjoy your self


Semoga bermanfaat


(nisa)

Dilihat 277 kali
Link