ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Tuesday, 23 Apr 2024

7 Tantangan Terbesar Dalam Dunia Kerja

Berita Umum | 11 Maret 2022 22:30 wib Arunika CDC IAIN Palopo – dunia kerja, sebuah tempat yang penuh tantangan. Setiap orang jika sudah mencapai waktu untuk bekerja maka wajib baginya memiliki sebuah pekerjaan untuk kelangsungan memenuhi kebutuhan hidupnya, baik sebagai anak yang membantu perekonomian keluarga ataupun sebagai orang tua yang harus memenuhi kebutuhan anaknya.

Dunia kerja tentu tidak berjalan dengan mudah, akan sangat banyak tantangan yang akan kita temukan dan harus bisa kita lalui, karena jika kita menyerah maka konsekuensinya harus berhenti dari tempat kerja dan harus mencari pekerjaan lain yang tentu akan kembali menemui tantangan yang sama ataupun berbeda. 

Maka dari itu, berikut 7 tantangan terbesar dalam dunia kerja yang harus menjadi pembelajaran sebagai bekal menghadapi dunia kerja nanti. Diantaranya sebagai berikut :

  • Beda pendapat

Dunia kerja memaksakan kamu untuk bekerja secara tim yang berarti akan ada banyak orang yang menjadi teman kerja untuk mencapai tujuan kerja. Banyak orang berarti banyak kepala yang akan berfikr dengan pola pikir yang berbeda dan menyababkan terjadinya perbedaan pendapat.

  • Dikalahkan Ketakutan

Untuk bisa lanjut ke jenjang karier yang lebih tinggi tentu harus berani untuk menghadapi tantangan yang lebih berat dari sebelumnya. Banyak dari tenaga kerja yang takut untuk mengambil resiko yang lebih dan lebih senang untuk berada di zona nyaman.

  • Minim Informasi

Saat menjadi tenaga kerja kamu harus mengetahui berbagai isu-isu terhangat terkait bidang atau fokus perusahaan. Selain itu ilmu pengetahuan terkait bidang yang kamu tekuni juga harus selalu di tingkatkan dan menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan.

  • Terlalu Fokus pada Kemampuan

Pola pikir tenaga kerja “bahwa jika mereka menyelesaikan pekerjaan dengan baik, maka itulah puncak suksesnya,” ujar Debre MacDougall, salah seorang pakar karir di Amerika. Namun sebenarnya yang di perlukan perusahaan adalah kemampuan menjadi seorang pemimpin dan kemampuan bekerja secara tim jauh lebih penting.

  • Terlalu Percaya Diri atau Kurang Percaya Diri

Terlalu percaya diri kurang baik dalam dunia kerja karena kebiasaan ini bisa saja menjadi sebuah boomerang yang merugikan diri sendiri. Teman timwork akan merasa risih karena kepercayaan diri yang berlebihan apalagi jika tidak di dukung dengan kemampuan kerja. Begitupun sebaliknya, kurang percaya diri akan membuat kamu merasa tidak mau meningkatkan karir kerja.

  • Kurang Sabar

Dunia kerja akan menguras banyak tenaga, pikiran, dan bahkan kadang tidak sesuai dengan materi yang di berikan. Maka sangat penting meningkatkan sabar dalam bekerja untuk bertahan dan level up ke posisi yang lebih tinggi.

  • Kalah Pada Stres

Dunia kerja yang menguras pikiran kadang membuat stres, solusinya kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan kesenangan diri, atau memilih pekerjaan yang sesuai hobby agar menjalankan pekerjaan bisa lebih rileks dan santai karena pekerjaan tersebut kegemaran anda dan selalu merasa senang dalam menjalankannya.


Itulah beberapa tantangan dunia kerja yang akan kalian temui saat terjun ke dunia kerja nantinya. Jadi persiapkan diri dari sekarang dan bekali diri sebaik mungkin


Semoga bermanfaat


(Suci)

Dilihat 384 kali
Link