ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 25 Apr 2024

TIPS BIAR KONSISTEN

Berita Umum | 07 Maret 2022 22:58 wib Apa sih konsisten itu? konsisten adalah sesuatu yang tidak berubah, atau selalu berbuat atau terjadi dengan cara yang sama, tertutama dalam hal positif.

Nah, ini dia tips biar kamu bisa konsisten.

Jadikan itu sebagai bagian dari rutinitasmu

Rutin artinya sesuatu yang teratur, tidak berubah-ubah. Sedangkan rutinitas adalah kerutinan. Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan secara rutin, dan memberi manfaat terutama terhadap diri sendiri. Aktivitas yang dilakukan secara rutin dengan perasaan yang senang membuat kamu merasa tidak melakukan hal yang membosankan. Lakukan halĀ² rutin agar kamu bisa menjadi seseorang yang profesional di bidang tersebut.

Lakukan sedikit demi sedikit setiap hari

Aktivitas yang dilakukan baik didalam maupun diluar rumah secara konsisten akan menumbuhkan kecenderungan untuk melakukannya. Ketika kamu telah kebiasaan maka akan lebih mudah bagimu untuk melakukannya, meskipun diawali dari hal kecil, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Temukan waktu terbaik di satu hari untuk melakukannya

Selain meluangkan waktu bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, dll. Kamu juga butuh waktu yang tepat untuk melakukan goals kedepannya.  Kadang kala waktu yang kamu anggap baik tapi justru mengecewakan, begitu juga sebaliknya waktu yang kamu kira buruk justru memberikan peluang. Maka dari itu temukan waktu yang benar-benar tepat untuk kamu bisa melakukanya.

Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri

Orang yang terlalu keras pada dirinya biasanya akan terus menerus memaksa dirinya untuk melakukan sesuatu. Meski baik, namun orang seperti ini akhirnya berubah jadi pribadi yang gak pernah menghargai apa pun yang sudah dia dapatkan. Seolah-olah semua yang dia lakukan masih terus kurang dan gak pernah mencapai target yang dia inginkan. Menghindari keras pada diri sendiri juga perlu Agar kamu jauh dari perasaan depresi dan tertekan, hidup dalam dunia yang penuh ekspektasi, Terlalu keras pada diri sendiri juga akan membuat kamu lelah dan jenuh, Solusinya, tetap berusaha sekuat tenaga, kemudian terimalah hasilnya dengan lapang dada.

Tetap fleksibel pada perubahan

Seseorang yang fleksibel bisa dgn mudah dan cepat menyesuaikan diri. Orang yang kurang fleksibel sukar menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang masih asing baginya. Di Era Society 5.0 kamu harus dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things .


Untuk itu kamu perlu konsisten dalam melakukan aktifitas yang positif apalagi yang berhubungan dengan karier kamu.

Semoga bermanfaat.


(Nisa)

Dilihat 162 kali
Link