ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 28 Mar 2024

Menggali Potensi Diri Untuk Lebih Percaya Diri Menjadi Wirausaha

Berita Umum | 06 Maret 2022 22:58 wib Menjadi seorang wirausaha adalah salah satu pilihan yang sangat tepat untuk digeluti para insan muda generasi saat ini, karena dengan berwirausaha dapat melatih kita menjadi lebih mandiri dan yang jelas bisa menjadi kebanggaan tersendiri telah membangun serta mengelola sebuah bisnis.


Arunika CDC IAIN Palopo - Menjadi seorang wirausaha akan memberikan penguatan dan menampakkan keunggulan diri untuk menerapkan segala bentuk kemampuan diri dan ide kreatif yang dapat di tuangkan dalam konsep usaha sehingga menjadi cerminan diri sendiri. Jenis usaha yang di jalani juga akan memberi warna dan citra diri bila dijalani sesuai passion. Sehingga, kita lebih mencintai dan nyaman menjalani pekerjaan.

Pertanyaannya, apa yang perlu kita siapkan untuk menjalani sebuah usaha? Apa yang perlu dilakukan agar kita lebih percaya diri, yakin dan selalu optimis menjalankan semua proses dalam menjalankan bisnis menjadi sebuah semangat baru untuk menjalanisnya?

Beberapa tips untuk teman-teman yang berkeinginan menjadi seorang wirausaha yaitu,

Pertama, usaha yang kita jalani merupakan hobi yang menyenangkan, sehingga saat menjalani usaha ini anda turut senang, nyaman, dan merasa tanpa beban menjalani setiap proses merintisnya.

Kedua, selalu update terkait info bisnis sebagai bekal untuk mengembangkan dan memberikan sentuhan kreativitas dan inovasi berkelanjutan sehingga konsumen tidak merasa bosan untuk terus menerus berlangganan.

Ketiga, ilmu terkait bisnis pun harus terus di kembangkan. Menjadi seorang wirausaha harus terus belajar mempelajari segala bentuk pengembangan ilmu pengetahuan bisnis yang di geluti untuk memdukung inovasi bisnis agar tidak tertinggal dengan kompetitor bisnis lain.

Terakhir, hal terpenting yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah rasa percaya diri menjalani usaha. Kita harus selalu menanamkan pemikran positif untuk menunjang pertumbuhan bisnis misalnya selalu istiqomah dan jujur dalam merintis usaha dari awal.

Agar tips-tips di atas dapat tertanamkan dengan baik, maka sejak merintis sebuah usaha di perlukan konsep dan perencanaan bisnis yang matang, sebaiknya konsep dan perencanaannya di buat lebih rinci dan melakukan pendalaman konten untuk menghindari berbagai resiko kedepannya.

Semoga bermanfaat

 

(Suci)

Dilihat 182 kali
Link