ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 25 Apr 2024

Tantangan Masa Depan Dalam Dekapan Pemimpin Muda Masa Depan

Berita Umum | 05 Maret 2022 22:55 wib Masa depan pastinya menyuguhkan tantangan yang tentunya harus siap dihadapi kaum muda. Lantas, apa yang perlu dipersiapkan?

Dilansir dari World Economic Forum mengatakan bahwa terdapat Top 10 Skills of 2025 yang dibutuhkan di masa depan diantaranya Analytical thinking and Innovation, Active learning and learning strategis, Complex problem-solving, Critical thinking and analysis, Creative, originality and initiative, Leadership and social influence,  Technology use, monitoring and control, Technology design and programming,  Resilience, stress tolerance and flexibility, dan Reasoning, problem solving and ideation.

Kesimpulannya bahwa kaum muda harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi dan meningkatkan skill untuk menyongsong masa depan. Tidak hanya konteks mikro saja namun dalam hal konteks yang lebih luas. Beberapa hal tersebut akan terkemas dengan baik jika dibarengi sikap kepemimpinan yang tertanam baik dalam diri pemuda yang merupakan sosok pemimpin masa depan.

Sosok pemimpin masa depan ada ditangan pemuda, benar adanya. Tidak sedikit pemuda yang sukses di berbagai bidang, mereka hadir adalah bukti bahwa pemuda melahirkan banyak kejutan dan akan menjadi salah satu peran kunci pengembangan suatu negara.

 Lantas bagaimanakah style pemimpin masa depan yang dibutuhkan?

Berdasarkan beberapa hal diatas, termasuk penguasaan skill diera digital ada beberapa hal yang diperlukan kaum muda sebagai pemimpin masa depan diantaranya:

 Berorientasi pada hasil

Pemimpin masa depan tidak akan selalu terikat pada prosedur dalam pengambilan keputusan

 Pengambilan keputusan cepat dan tepat

Pemimpin masa depan akan melakukan keputusan dengan terjun langsung ke medan pekerjaan, melihat, mendengarkan dan merasakan secara langsung.

 Terus mengembangkan kemampuannya

Bergerak cepat atau sirna mungkin adalah pilihan yang tepat dalam hal mengembangkan kemampuan. Pergerakan atau perubahan yang begitu cepat terjadi mengharuskan hal ini terjadi.

Banyak belajar adalah hal yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan, maka dari itu siapkan diri Anda untuk menjadi The Leaders of Leaders yang kelak akan melahirkan generasi hebat selanjutnya.

*Semoga bermanfaat


(Ardi)

Dilihat 166 kali
Link