ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Saturday, 20 Apr 2024

CARA CEPAT DAPAT KERJA, FRESH GRADUATE HARUS TAHU!

Berita Umum | 04 Maret 2022 22:15 wib Setiap hari, pekan, bulan bahkan tahun banyak calon pekerja diluar sana yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, baik itu yang pernah bekerja tapi kemudian di PHK atau fresh graduate itu sendiri. Apalagi dimasa pandemi covid-19 ini dimana calon pekerja dan lapangan pekerjaan berbanding terbalik. But its ok, untuk kamu fresh graduate tapi belum dapat pekerjaan? Artikel ini akan memberikan kamu tips agar cepat dapat kerja dan tidak jadi beban keluarga.


Perluas relasimu

Dengan memperluas relasi atau jaringan pertemananmu maka akan semakin besar peluang kamu dapat pekerjaan karena bisa saja salah satu dari temanmu memiliki informasi tentang lowongan pekerjaan yang belum diketahui masyarakat umum atau perusahaan tempat teman kamu kerja membuka lowongan pekerjaan maka bisa saja temanmu itu merekomendasikan dirimu kepada atasanya.

Manfaatkan internet

Sekarang kita hidup dizaman yang telah memiliki teknologi yang canggih, dengan menggunakan internet kita bisa mngetahui informasi yang ada diluar sana tanpa harus keluar rumah. Begitu juga dengan info lowongan pekerjaan, jika dulu kita harus door to door di perusahaa maka sekarang kita bisa mengetahui informasi lowonan pekejaan tanpa harus melakukan hal tesebut. Kemudian kita juga bisa menemukan informasi lowongan pekerjaan di sosial media.

Tunjukan skillmu

Setiap individu meiliki kelibihan tersendiri, oleh karena itu tujukkan skillmu untuk menarik minat perekrut dengan menyertakan bukti nyata. Misalnya untuk kamu yang fresh graduate memiliki kemampuan bahasa inggris maka kamu bisa melampirkan bukti yang kongkrit. Atau untuk kamu yang pandai dalam public speaking.

Melengkapi data dan CV yang menarik

Terkadang kebanyakan orang mengabaikan hal-hal yang kecil yang justru natinya akan menjadi penghambat bagi mereka. Pada saat melamar pekerjaan pastikan kamu memperhatikan data-data dirimu dan akan lebih baik jika data yang kalian lampirkan lebih terperinci agar nantinya memiliki peluang yang besar untuk diterima oleh perusahaan. Kemudian untuk CV pastikan kalian buat semenarik mungkin karna bukan hanya isinya saja yang perusahaan lihat tapi desainnya juga.

Bagaimana? Sudahkah kalian para fresh graduate melaukan cara diatas? Jika belum selamat mencoba dan yang sudah semoga berhasil. Remember kita manusia hanya bisa berusaha, teruslah berusaha dan berdoa karena Allah yang mentukan hasilnya. SEMOGA BERMANFAAT!


(Ammi)


Dilihat 98 kali
Link