ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Wednesday, 24 Apr 2024

Upgrade Diri, Ini Dia 10 Skills Yang Paling Dibutuhkan

Berita Umum | 02 Maret 2022 22:58 wib Sebagai generasi muda, mengandalkan nilai akademik sempurna tidak akan cukup membawa kesuksesan di dunia kerja. Kamu juga perlu keahlian tertentu dan pemikiran-pemikiran yang dibutuhkan untuk masa depan. Generasi muda juga perlu kepribadian yang baik. Peraduan nilai akademis, kepribadian, dan skill yang mumpuni bisa membawa generasi muda ke gerbang kesuksesan dunia kerja


Berikut beberapa skills yang paling di butuhkan :

1. Analytical thinking and innovation
Penting dipahami bahwa dalam menjalankan bisnis tentunya tidak akan pernah semulus yang dibayangkan sebelumnya. Pastinya akan ada permasalahan yang mungkin saja dihadapi oleh para pelaku bisnis yang ingin meningkatkan kualitasnya. Berbagai permasalahan baik mengenai produk ataupun pencapaian target pasar menjadi sebuah hal yang penting untuk diselesaikan. Sehingga dengan begitu maka kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bisa memperbaiki kualitas bisnis yang dijalankan dengan optimal.
Tentunya keterampilan analitycal thingking perlu untuk terus diasah untuk bisa menambah keuntungan yang bisa didapatkan nantinya. Selain itu inovasi sendiri dapat berperan untuk bisa mencari solusi atas setiap permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis yang dijalankan. Penting dipahami bahwa analytical thingking dan innovation menjadi hal yang sangatlah perlu untuk dimiliki oleh para pelaku bisnis.

2. Active learning and learning strategies
Model pembelajaran Active learning menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk di perhatikan. Setiap orang tentunya akan memiliki cara belajarnya masing masing untuk mendapatkan sebuah pengetahuan. Pada dasarnya dunia pendidikan menjadi sebuah media bagi setiap orang untuk dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Adanya perkembangan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap orang tentu akan berdampak baik pada hasil yang didapatkan. Maka dari itu pentingnya active dilakukan untuk mengembangkan kemampuan. Sehingga kita  bisa menggunakan berbagai sistem ataupun strategi pembelajaran secara aktif. Tentunya pembelajaran aktif sendiri merupakan upaya untuk memaksimalkan segala sumber daya yang ada. Ini akan membuat hasil belajar yang didapatkan nantinya akan lebih optimal.

3. Complex problem solving
Complex problem solving (pemecahan masalah yang kompleks) atau CPS. Keterampilan pemecahan masalah yang kompleks adalah kapasitas yang dikembangkan yang digunakan untuk memecahkan masalah baru, masalah yang tidak terdefinisikan dengan jelas, di dunia nyata yang kompleks.
Dibangun di atas praktik-praktik berpikir kritis yang solid, seseorang dengan skill tersebut mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang, mengembangkan solusi alternatif, dan memilih solusi terbaik mengingat pemahaman mereka tentang masalah, lingkungan yang memengaruhi masalah, dan mereka yang terkena dampak solusinya.

4. Critical thinking and analysis
Critical thinking adalah kemampuan untuk berpikir secara jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Critical thinking mencakup kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri.
Seseorang dengan keterampilan critical thinking dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Memahami hubungan logika antara gagasan
b. Mengidentifikasi, membangun, dan mengevaluasi argumen
c. Mendeteksi ketidakkonsistenan dan kesalahan umum dalam bernalar
d. Menyelesaikan masalah secara sistematis
e. Mengidentifikasi relevansi dan pentingnya gagasan
f.   Merenungkan sebuah pembenaran keyakinan dan nilai-nilai dalm diri seseorang

5. Creativity, originality and initiative 
Kreativitas diperlukan di berbagai bidang, tidak terbatas pada bidang kreatif dan seni saja. 
Setidaknya ada 5 hal yang berhubungan dengan kreativitas di tempat kerja yaitu; inisiatif, kreatif, tanggung jawab, kemandirian, dan orisinalitas. Inisiatif akan terlihat dari kemauan untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan. Kreatif erat kaitannya dengan memunculkan ide-ide baru dan pengaplikasiannya. Tanggung jawab diperlukan saat kamu mengambil keputusan atas ide yang dibuat. Kemandirian diperlukan supaya kamu nggak selalu bergantung dengan orang lain. Sedangkan orisinalitas sangat penting untuk melahirkan ide-ide kreatif yang benar-benar lahir dari pemikiran.

6. Leadership and social influence
Kemampuan leadership and social influence (kepemimpinan dan pengaruh sosial) juga diperlukan Untuk mengasah kemampuan ini, anda bisa melakukannya dengan cara menjadi pemimpin dalam suatu organisasi atau komunitas. Nah, dengan menjadi seorang pemimpin, otomatis kemampuan untuk mempengaruhi orang lain alias social influence juga akan terasah. Selain itu, dengan menjadi seorang influencerdi media sosial juga pastinya dapat mengasah kemampuan social influence lho! Zaman sekarang, banyak banget kan influenceryang usianya masih muda-muda.

7. Technology use, monitoring and control
Kebutuhan untuk terus mengembangkan teknologi sangat dibutuhkan dalam dunia industri kreatif. Kemampuan tersebut tentunya membutuhkan pengawalan tersendiri agar bisa menjadi lebih baik. Untuk itu, mempersiapkan diri untuk bisa melakukan mentoring dan melakukan kontrol diperlukan.

8. Technology design and programming
Design dan programming merupakan dua skill yang wajib dikuasai di tahun 2025. Kedua skill ini sangat  berhubungan dengan teknologi. Jadi, tak dipungkiri bisa banyak perusahaan yang berusaha mencari kedua skill ini.

9. Resilience, stress tolerance and flexibility
Resilience merupakan salah satu kemampuan untuk tetap bertahan meskipun banyak halang rintang. Kemampuan ini sangat diperlukan di dunia kerja. Mengingat masa kuliah berbeda dengan keadaan di dunia kerja. 
Selain itu kemampuan untuk stress tolerance dan flexibility juga harus didalami oleh setiap orang. Sehingga, bisa dibilang bahwa ketiga kemampuan ini sangat penting untuk disalami oleh mahasiswa agar lebih siap ketika mendalami dunia kerja. 

10. Reasoning, problem solving and ideation
Kemampuan memberikan pendapat, menyelesaikan masalah dan tentunya memberikan ide cemerlang. Skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Jadi, untuk kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan pastikan diri kamu sudah mengupgrade diri.

#Belajar produktif, problem solving, self management, working with people, tech and development

Semoga bermanfaat

Nisa
Dilihat 186 kali
Link