ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 28 Mar 2024

Personal Branding Sebagai Ajang Pengembangan Karir Diera Digital

Berita Umum | 28 Februari 2022 22:30 wib Personal branding merupakan suatu proses untuk membentuk pandangan publik terhadap diri seseorang.

Di era  digital seperti saat ini personal branding sangat dibutuhkan, tentunya melakukan branding dengan menciptakan karya  bukan malah melakukan pencitraan.

Nah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk branding diri, diantaranya:

Mengenali diri sendiri

Tentu hal ini sangat diperlukan, seseorang harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Selain itu, ingat untuk menjadi diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri maka akan membantu peningkatan atau pencapaian karir yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Jangan berhenti

Tidak ada kata berhenti untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan branding diri seseorang. Contohnya, dengan terus membagikan karya-karya yang diciptakan baik berupa tulisan, desain atau hasil dari keahlian lainnya. Sikap konsisten akan membantu anda meningkatkan branding diri di bidang yang ditekuni.

Memaksimalkan media sosial

Era digital seperti saat ini membuat hampir semua orang kenal dan menggunakan media sosial. Tugas kita adalah bagaimana memanfaatkan media sosial tidak hanya sebagai ajang untuk memperluas relasi, tapi juga untuk menawarkan konten yang telah dibuat, menawarkan bisnis atau hal yang tentunya sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal ini akan membantu branding diri yang akan lebih luas dan maksimal.

Jalin Relasi dengan kolaborasi

Setelah beberapa hal diatas dilakukan tak kalah pentingnya untuk menjalin relasi dengan pihak atau seseorang yang sesuai dengan bidang yang ditekuni. Ingat, kolaborasi tidak akan membatasimu melainkan akan memperluas dan meningkatkan karir yang ditekuni.


Nah, itu dia beberapa hal yang perlu dilakukan untuk branding diri demi peningkatan karir dan ingat untuk tetap jadi diri sendiri.

Ingat, yang menjadi masalah bukan siapa Anda tapi bisa apa Anda?

Semoga bermanfaat


ard

Dilihat 136 kali
Link