ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Thursday, 25 Apr 2024

SEBELUM MEMASUKI DUNIA KERJA, INI YANG HARUS DIPERSIAPKAN

Berita Umum | 27 Februari 2022 20:50 wib Sudah lulus kuliah atau menjadi fresh graduate, memiliki gelar serjana bukanlah akhir dari segalanya tapi menjadi babak baru untuk memasuki dunia baru pula. Dunia baru yang dimaksud adalah dunia kerja, namun jauh sebelum itu para fresh graduate mungkin pernah bertanya-tanya terhadap dirinya, setelah lulus nanti hal apa yang harus dilakukan sebelum memasuki dunia kerja.

Melihat perkembangan zaman saat ini tentu banyak pesaing-pesaing lain yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan, but its oke artikel ini akan memberitahu kamu hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuk dunia kerja.

  •       Mental

Sebelum memasuki dunia kerja tentu harus mempersiapkan mental yang lebih kuat karena dunia perkuliahan tentu berbeda dengan dunia kerja. Di dunia kerja nantinya akan dituntut untuk bisa lebih mandiri, bertanggungjawab, disiplin dan dapat mengambil keputusan dalam melakukan pekerjaan.

  •       Visi-misi

Sebelum memasuki dunia kerja tentu kamu harus menentukan visi-misi mu untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Ingin menjadi apa kamu dimasa depan nanti? Apa yang akan kamu lakukan dimasa depan?

  •       Personal branding

Sama halnya produk, kamu juga harus memiliki personal branding. Mempunyai keunikan tentu merupakan poin penting agar mampu dilirik perusahaan. Selain itu, kenali kekurangan dan kelebihanmu. Terus tingkatkan skill atau kemampuanmu agar bisa menutupi kekuranganmu.

  •       Inisiatif dan kreatif

Sebelum memasuki dunia kerja, memiliki skill memang sangatlah penting namun memiliki jiwa inisiaif dan kreatif tidaklah kalah peningnya juga sebab didunia kerja terkadang terdapat masalah dan tentu kita harus bertindak dan berfikir kreatif untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

  •       Public speaking

Didunia kerja nanti tentu kita diuntut untuk bertemu banyak orang dan melakukan komunkasi, dengan hanya mengandalkan kepintaran bermodalkan ipk yang tinggi tentu tidaklah cukup tapi kita juga diharap mampu berkomunikasi yang baik didepan umum.

Itulah lima dari sekian banyak hal yang harus kamu persiapakan sebelum memasuki dunia kerja sebagai fresh graduate.

Tentu tidaklah mudah dari dunia perkuliahan ke dunia kerja, ada banyak perbedaan yang akan kamu rasakan. Mulai dari lingkungan, budaya dan banyak hal lainnya tapi yang terpenting adalah tekad dan kegigihanmu untuk terus bersaing dalam mencapai cita-citamu.


(Ra)

Dilihat 126 kali
Link