ARUNIKA CDC IAIN PALOPO

Institut Agama Islam Negeri Palopo
Friday, 29 Mar 2024

SKILL DIGITAL MENJADI KUNCI BERSAING DALAM DUNIA KERJA

Berita Umum | 26 Februari 2022 18:46 wib Perkembangan digital tak dapat dipungkiri telah menjalar ke segala sisi kehidupan. Namun, masih banyak pengguna internet yang hanya mampu menerima informasi tanpa kemampuan memahami dan mengolah informasi secara baik, sehingga masih banyak masyarakat yang mendapat informasi tidak valid dan relevan.

Digital culture atau budaya digital adalah sebuah konsep yang menggambarkan gagasan bahwa teknologi dan internet secara signifikan membentuk cara kita berinteraksi, berperilaku, berpikir dan berkomunikasi sebagai manusia dalam lingkungan masyarakat. 

Berdasarkan riset Microsoft Data Science, revolusi industri generasi keempat membuka 149 juta pekerjaan baru di bidang data analytics, software development, dan cyber security. Namun, perkembangan tersebut bakal menutup sejumlah pekerjaan manual yang akan digantikan oleh teknologi. Apalagi disituasi pandemi saat ini yang mengharuskan kita untuk berupaya dengan cepat bertransformasi ke arah dunia digital.

Indonesia pada system pendidikan dinilai cukup responsif dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi digital. Diantara Negara APEC, Indonesia menempati urutan ke-11. Namun, dalam indikator kesiapan lulusan perguruan tinggi guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi digital Indonesia menempati peringkat ke-13. Maka dari itu, sangat perlu ditingkatkan kesiapan untuk memasuki dunia kerja dengan kompetensi digital. 

DSGI 2021 juga menemukan bahwa pelatihan tenaga kerja di lingkungan perusahaan (corporate training) untuk peningkatan kemampuan digital (upskilling) juga dinilai masih belum mencukupi. Dalam hal ini, Perguruan tinggi harusnya dapat lebih mempersiapkan lulusannya sesuai dengan kebutuhan dunia industri yang bertransformasi ke arah digital. Kemudian, lembaga pelatihan juga perlu bekerja sama dengan industri untuk memberikan layanan peningkatan kompetensi digital kepada para tenaga kerjanya. 

Untuk itu setidaknya ada tiga hal yang bisa menjadi pegangan saat menghadapi era digital yaitu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, membangun koneksi, dan menjalin kolaborasi.

Semoga bermanfaat


(Nis)

Dilihat 128 kali
Link